Eksponen

Nah jumpa lagi kali ini udah lama saya tidak memposting blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang materi dasar di matematika yaitu eksponen. Dari awal, saya dalam memposting berbagai topik mengenai matematika seharusnya dimulai dari topik dasar dulu ya seperti eksponen ini, tapi tidak apa apa kita mulai daripada tidak sama sekali.

Biasanya materi eksponen ini disandingkan dengan materi logaritma yang ada di kelas 10 SMA. Namun semua ini juga bergantung dari kurikulum yang ditetapkan oleh kemendikbud selaku penyelenggara pendidikan. Eksponen ini adalah materi yang sangat mudah dan sifatnya harus dikuasai supaya ke depannya bisa lebih memantabkan lagi pemahaman di bidang matematika.
Pada awalnya sebelum masuk ke topik eksponen kamu harus tahu dulu apa definisi eksponen. Eksponen atau biasa disebut pangkat adalah sebuah operasi di matematika ditulis sebagai $b^{n}$ yang melibatkan perkalian berulang bilangan basis $b$ dirinya sendiri sebanyak bilangan eksponennya yaitu $n$. Contohnya seperti ini jika saya punya
\begin{align*} 2^{2}&=2\times 2=4\\ 2^{3}&=2\times 2\times 2=8\\ 2^{4}&=2\times 2\times 2\times 2=16 \end{align*} begitu juga dengan \begin{align*} 3^{2}&=3\times 3=9\\ 3^{3}&=3\times 3\times 3=27\\ 3^{4}&=3\times 3\times 3\times 3=81 \end{align*} Berarti kita dapat simpulkan dari penjabaran di atas bahwa $$b^{n}=\underbrace {b\times \cdots \times b} _{n}$$ Jika kita melihat dan menampilkan operasi eksponen pada grafik, maka akan terlihat sebagai berikut:
Kurva warna merah menunjukkan fungsi eksponen $y=2^{x}$, kurva warna biru menunjukkan fungsi eksponen $y=3^{x}$ dan tentunya kamu bisa memperkirakan kurva untuk basis eksponen 4, 5, 6 dan seterusnya. Kurva yang berwarna hijau adalah $1^{x}$. Mengapa bentuknya datar tidak menanjak seperti yang lain? Karena satu dipangkatkan berapa pun ya tetap satu.

Nah, sampai disini pasti sudah paham dong ya mengenai eksponen (pangkat). Dari sinilah dasar dari segala pangkat yang ada di matematika. Jadi kalau kamu sudah paham di atas saya yakin materi eksponensiasi ini pasti dapat dengan mudah dipahami asalkan tekun mempelajarinya. Lalu muncul nih pertanyaan bagaimana kalau pangkatnya negatif $(-)$, atau pecahan $\frac{p}{q}$, atau nol $n=0$. Untuk mengetahui jawabannya lebih lanjut kita bahas di sifat-sifat eksponen.
SHARE TO YOUR FRIENDS

0 Response to "Eksponen"

Post a Comment