Belajar Fisika itu Mudah dan Menyenangkan (Physics is fun)

Selamat sore sob. Saya kali ini ingin berbagi artikel mengenai FISIKA. Siapa sih yang ga kenal dengan fisika. Seakan akan fisika menjadi sebuah hal yang sangat menakutkan bagi kalangan pelajar muda hingga orang dewasa. Mungkin bagi sebagian orang menganggap fisika adalah suatu hal sederhana untuk dipahami namun tidak sedikit juga yang menganggap sebaliknya. Mengapa saya buat post ini? Karena saya melihat pelajar pelajar yang belajar fisika khususnya masa SMA banyak yang kesulitan ketika mereka mengerjakan soal fisika.
Fisika sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu φυσικός (fysikós), "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam". Dalam kamus besar bahasa indonesia fisika adalah ilmu tentang zat dan energi (spt panas, cahaya, dan bunyi). Namun apakah yang dimaksud hanya itu? tentu tidak. Fisika mencakup segala hal di alam semesta yang maha luas ini tentang pemahaman ruang dan waktu yang saling berikatan satu sama lain. Dimana pada awalnya seorang tokoh yang bernama Newton menjadi orang pertama yang menciptakan Hukum tentang gerak yaitu hukum newton namun disini kita tak akan membahas itu.

Perlu kita tahu bahwasanya alam memiliki sesuatu keindahan maka dari itu ilmu yang mempelajari tentang alam pun sudah pasti indah seperti Matematika kimia biologi tak terkecuali dengan fisika. Matematika dan fisika adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan. menurut pengamatan saya sendiri orang yang lumayan mengerti dalam matematika belum sepenuhnya bisa dalam hal fisika karena konteks fisika yang terkadang dibahas dalam kasus matematika masih sangat sederhana. Sedangkan orang yang lumayan mengerti dalam fisika biasanya ia juga mengerti dalam matematika karena dalam fisika harus mengerti tentang konsep fisika didalamnya dan mengerti pula konsep matematika yang akan atau bisa digunakan dalam menyelesaikan persamaan matematika di dalam kasus fisika. 

Ok kembali ke kesalahan umum orang orang dalam mempelajari fisika tadi yaitu 

1. Mempelajari fisika bukanlah menghapal melainkan memahami suatu kejadian.
Kesalahan umum yang sering kali orang tak sadari ketika mereka melihat, mengerjakan, dan menyelesaikan kasus kasus yang terjadi dalam fisika adalah ketidakpahaman mereka dalam memahami konsep dari fisika itu sendiri. Kebanyakan dari mereka pada saat awal ketika mereka mulai mengenal suatu bab dalam fisika adalah menghafal rumus. Sedangkan fisika tidak seperti ilmu ilmu layaknya sejarah atau sebagainya. Orang yang belajar fisika dengan menghafal rumus mungkin mereka juga menerapkan cara belajar yang sama seperti subjek kontekstual yang lain ke dalam fisika. Sedangkan fisika bukanlah suatu hal yang harus dihapal melainkan adalah suatu ilmu yang matematis dan masuk akal.

2. Berpikir Fisika secara sempit
Di dalam fisika khususnya banyak kasus yang terjadi dalam konteks keadaan ideal. Apa itu yang dimaksud ideal? Jadi keadaan suatu peristiwa fisika yang terjadi tanpa ada gangguan-gangguan lain dari luar sistem peristiwa tersebut misalnya saja benda yang bergerak pasti dalam keadaan nyata ia memiliki gaya gesek tetapi disini dalam persoalan fisika sederhana kita tidak memperdulikan gesekannya. Kemudian ketika orang mengerjakan kasus atau problem dalam fisika mereka melihat bagaimana keadaan tersebut terjadi di bumi padahal kita tahu bahwa kita memang tinggal di bumi tapi dalam fisika cobalah untuk berpikir jikalau keadaan tersebut ideal tanpa gangguan seperti di angkasa luar dengan begitu fisika akan menjadi mudah.

3. Belum mengerti matematika seluruhnya.
Seperti yang tadi saya sudah sebutkan bahwa matematika dan fisika adalah suatu hal yang sangat terkait. Tidak lengkap rasanya jika kita belajar fisika tapi tak belajar matematika untuk modul fisika. Bagaimana bisa untuk mengerjakan dan menyelesaikan kasus kasus dalam fisika tanpa matematika. Kalkulus adalah ilmu matematika yang paling sering digunakan dalam matematika karena ilmu kalkulus juga ditemukan oleh orang yang sama dalam bidang fisika yaitu Isaac Newton.

4. Belajar hanya dari satu referensi
Yap betul sekali. Ini dia salah satu kesalahan umum penyebab orang orang tak dapat mengerti betul tentang konsep dan pemahaman fisika dengan baik. Karena kita tahu setiap referensi puya kelemahan dan kelebihan maka dari itu kita harus menggali ilmu yang kita pelajari dari referensi manapun. Karena bagaimana pun juga banyak sekali konsep-konsep di dalam fisika yang jika kita hanya belajar dari satu sumber referensi saja pasti itu tak akan membantu penuh dalam penguasaan konsep dengan benar apalagi jika terdapat konsep yang salah, ke depannya pemahaman yang kita kuasai malah jadi keliru.

Menurut saya itu dulu kesalahan umum bagi mereka yang belum bisa mengerti akan fisika. Karena sepengetahuan dan selama pengalaman hidup saya sampai saat ini ya seperti itu. Saya pun sampai sekarang masih banyak belajar dan masih banyak kekurangan.  Jika memang ada yang bingung silahkan tambahkan di kolom komentar. Thank you guys. :)
SHARE TO YOUR FRIENDS

0 Response to "Belajar Fisika itu Mudah dan Menyenangkan (Physics is fun)"

Post a Comment